Kamis, 22 Desember 2011

Pulau Kabaena

Peta Kab Buton.


Pulau Kambaena adalah salah satu pulau di wilayah Kabupaten Buton, provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Pulau ini terletak di utara Pulau Telaga besar di timur pulau Muna dan Kadatua.
Di sekitar pulau Kabaena terdapat beberapa pulau kecil yang terdiri dari:
Pulau Telaga Besar
Pulau Muna
Pulau Kadatua



Peta Pulau Kabaena

Pulau Kabaena terletak disebelah tenggara Sulawesi. Tanahnya sangat subur dan berbukit-bukit terdiri dari Tanah liat bercampur tanah merah, sementara pantainya umumnya landai; sebahagian berumput, sebahagian lagi berbatu hitam. Pada abad ke 17 wilayah ini masih dipimpin oleh Tiga orang raja yang bernama MOKOLE. Menurut cerita, pulau kabaena ini sudah lama dikenal para pelaut sejak berabad-abad yang lalu karena menjadi tempat persinggahan untuk mengambil air tawar yang cukup banyak tersedia dipulau itu. Menurut legenda lebih lanjut, nama “Kabaena” diberikan kepada pulau itu, karena padi ladangnya yang banyak Di Pulau Kabaena terdapat banyak tempat wisata, misalnya makam raja Mokole Pu'u Roda, Mokole Daidama ,dll.
Pulau Kabaena juga memiliki pemandangan alam yang indah, baik dipantai maupun di bukit-bukit. Anda bisa pula menyaksikan perkampungan tradisional penduduk, Balai Adat, dan atraksi kesenian. Salahsatu yang sangat terkenal adalah Batu sangia yang dikeramatkan oleh pendduduknya. batu Sangia ini terletak di sebelah desa tangkeno, kira-kira 12 KM dari Teomokole. http://www.kabaena.info/